Rute menuju Samosir dengan nyebrang melalui Parapat adalah rute standar, jika anda menginginkan rute yang lebih menantang, cobalah naik angkot yang langsung menuju Pulau Samosir tanpa nyebrang menggunakan kapal, karena ternyata Pulau Samosir dan Pulau Sumatera cuma dihubungkan sebuah jembatan dengan panjang 10 meter!

Mobil travel L-300 yang mempunyai rute ini adalah Travel Sampri telp. 061-8365555, dengan biaya 55.000 IDR.

Rute yang dilewati dari Medan adalah melewati Berastagi – Kabanjahe – Tele – Pangururan, perjalanan ini menempuh waktu sekitar 5jam.

Berastagi buat saya biasa-biasa saja, tapi yang menarik adalah ketika melewati Kabanjahe, dengan kebun bunga dan buah di pinggir jalan, rute ini sangat indah dipandang mata.

Tele merupakan titik tertinggi di atas Danau Toba, perjalanan setelahnya dilanjutkan dengan menurusi jalan dipinggir tebing dengan jurang yang sangat menyeramkan, apalagi ditambah dengan supir Batak yang terkenal sangat gesit dijalan, dijamin rute terakhir ini akan membuat anda teriak-teriak.

Untuk menuju daerah wisata Tuk Tuk dan Tomok masih dibutuhkan waktu 1,5jam lagi dengan biaya 20.000 IDR per orang, diantar sampai hotel/penginapan.